Kajian Isu Akuntansi Fokus FE UNNES 2021

Pada Sabtu, 24 April 2021 pukul 09.00-11.40 WIB Forum Kajian Akuntansi UNNES (FOKUS) telah menyelenggarakan acara Kajian Isu Akuntansi dengan tema “Optimalisasi Peran Auditor Teknologi Terhadap Aset Teknologi Di tengah Pandemi Covid-19”. Kajian ini merupakan program kerja rutin Divisi Kajian FOKUS FE UNNES. Acara kajian dibuka dengan sambutan dari Bapak Kiswanto, S.E., M. Si., CMA., CIBA., CERA., selaku Kepala Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.


Kajian Isu Akuntansi (KIA) diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting dan terbuka untuk umum melalui live streaming Youtube FOKUS FE UNNES. Dari 500 peserta yang telah mendaftar terdapat 386 peserta yang hadir di zoom meeting. Peserta yang hadir mencakup kalangan siswa, mahasiswa, inspektorat, dan berbagai institusi lain dalam skala nasional. Tujuan dari penyelenggaraan acara kajian ini tidak lain untuk menambah wawasan dan pengetahuan para peserta mengenai profesi audit dengan berbagai tantangannya di era teknologi seperti saat ini. Diharapkan para peserta dapat memiliki gambaran terkait kompetensi yang dibutuhkan dalam audit teknologi dan ketentuan pelaksanaan audit teknologi di tengah pandemi covid-19.

Pembicara pada kajian kali ini merupakan dosen di Jurusan Akuntansi UNNES yaitu Ibu Maylia Pramono Sari, S.E., M.Si., akt, CA, ACPA. Beliau aktif sebagai dosen di Fakultas Ekonomi UNNES. Tentunya kompetensi yang dimiliki beliau sangat relevan dengan tema kajian kali ini. Materi yang disampaikan meliputi lima bagian, diantaranya :
1. Perkembangan teknologi akibat revolusi industri 4.0 yang menuntut profesi auditor beradaptasi dengan segala perkembangan yang ada.
2. Bagaimana perkembangan teknologi yang terjadi di era revolusi industri 4.0 yang kemudian memunculkan peran auditor teknologi
3. Aset penting dalam audit teknologi yang meliputi aset teknologi, aset sumber daya manusia, dan aset relasi.
4. Pentingnya penguasaan skill oleh auditor di era teknologi seperti interpersonal skill, analytical skill, management skill, dan technical skill.
5. Urgensi audit teknologi yang meliputi :
a. Sebagai usaha perbaikan berkelanjutan
b. Perlindungan publik dari dampak buruk penerapan teknologi yang tidak sesuai
c. Pengoptimalisasian sumber data dan aset teknologi yang dimiliki

Dari penyelenggaraan kajian kali ini, harapannya di kemudian hari akan lahir para auditor baru yang berkompeten dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta mampu mengoptimalisasi perannya, terlebih lagi jika dikemudian hari kembali dihadapkan pada masa-masa sulit seperti yang terjadi saat ini akibat pandemi covid-19. Untuk mencapai hal tersebut tentunya kita berharap adanya upaya peningkatan kualitas edukasi bagi para mahasiswa calon-calon akuntan di masa depan. Demikian penjelasan singkat dari acara Kajian Isu Akuntansi. Semoga ilmu yang didapat bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Previous Article
Next Article