Kemahasiswaan

LAYANAN MAHASISWA

Bimbingan dan Konseling

Universitas Negeri Semarang telah memiliki UPT layanan bimbingan mahasiswa yang memiliki fungsi pemberian pendampingan terhadap mahasiswa apabila diperlukan melalui peer counseling. Selain itu pada program studi, terdapat beberapa kegiatan bimbingan dan konseling, yakni :

  1. Perwalian terpadu, yang dilaksanakan setiap awal semester. Hasil kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran mahasiswa dengan mengevaluasi hasil studi semester kemarin dan pada akhirnya memberikan semangat mahasiswa untuk meningkatkan Indeks Prestasinya (IP) semester depan.
  2. Perwalian mandiri, mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi mempunyai dosen wali masing-masing, dimana setiap saat mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen walinya baik berkaitan kegiatan akademik dan non akademik. Untuk memudahkan pelaksanaan perwalian, telah disediakan portal www.sibima.unnes.ac.id. Dengan menu ini, pelasanaan perwalian dapat dilaksanakan kapanpun dan dimanapun. Hasil dari kegiatan ini dapat menunjang prestasi mahasiswa dan meningkatkatkan kompetensi mahasiswa.
  3. Bimbingan Skripsi; dilakukan minimal 1 hari/minggu/dosen/mahasiswa. Fasilitas yang diberikan untuk melaksanakan bimbingan ini berupa sistem di www.sitedi.unnes.ac.id. Melalui frekuensi bimbingan tersebut dapat mempercepat studi mahasiswa dengan tidak mengurangi kualitas karya.
  4. Bimbingan praktek kerja lapangan (PKL) yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa semester VII dilaksanakan pada saat pelaksanaan PKL dan penyusunan laporan PKL. Proses pelaksanaan pembimbingan PKL ini, dilakukan secara berkelanjutan dari penerjunan, monitoring, penarikan, bimbingan laporan PKL sampai pada ujian PKL. Kegiatan pendampingan ini mendekatkan mahasiswa pada dunia kerja sehingga nanti pada saat lulus, menjadi mahasiswa profesional dalam keahliannya.
  5. Pembimbingan dalam perlombaan kemahasiswaan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap kali ada event perlombaan mahasiswa. Pendampingan kegiatan ini mendukung mahasiswa dalam memperoleh prestasi-prestasi dalam perlombaan baik dalam tingkat nasional maupun internasional.
  6. Pembimbingan penyusunan Program Kreatifitas Mahasiswa. Program ini disediakan oleh Prodi Akuntansi setiap kali akan dilaksanaan PKM. Bentuk kegiatan ini adalah dengan memberikan penugasan ke dosen untuk memberikan pembimbingan terkait dengan penyusunan proposal, pelaksanaan dan pelaporan serta strategi untuk menang dalam PIMNAS.
  7. Bimbingan karier yang disediakan oleh Prodi bagi mahasiswa yang akan diwisuda. Pelaksanaan bimbinga karir ini adalah tiga kali dalam satu tahun (sesuai dengan waktu wisuda). Selain itu, bimbingan karir juga diberikan oleh LP3 LK-BK yang memiliki kegiatan rutin berupa bimbingan karir bagi wisudawan dan bursa kerja.

Pendampingan dan bimbingan terhadap lembaga kemahasiswaan dalam melakukan kegiatan. Pembibingan ini dilakukan setiap saat, dan dosen pendamping yang melakukan pembimbingan diberikan Surat Keputusan Dekan. Hasil dari pendampingan ini dapat mendorong mahasiswa mengaktualisasikan diri melalui lembaga-lembaga kemahasiswaan tersebut.

Minat dan Bakat Ekstrakurikuler

Minat dan Bakat (ekstrakurikuler) mahasiswa Fakultas Ekonomi diwadahi dan beri ruang aktualisasi melalui Badan Eksekutif Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan komunitas kelompok studi diantaranya:

  1. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi, sebagai wahana pembelajaran keorganisasian mahasiswa ditingkat fakultas.
  2. Himpunan Mahasiswa (HIMA) yang terdapat pada masing-masing jurusan, yakni jurusan Pendidikan Ekonomi, Jurusan Akuntansi, Jurusan Manajemen dan Jurusan Ekonomi Pembangunan. UKM ini sebagai wahana pembelajaran keorganisasian mahasiswa ditingkat jurusan.
  3. UKM Kime; UKM ini menjadi wadah bagi mahasiswa yang gemar menulis baik menulis artikel, karya ilmiah dan berita. Kegiatannya setiap minggu sekali menerbitkan buletin dan setiap ada event lomba karya ilmiah diikuti, bahkan dengan aktivis UKM ini, PKM yang diterima dan didanai oleh dikti jumlahnya setiap tahun meningkat.
  4. UKM Kerohanian Islam Fakultas Ekonomi, UKM ini mewadahi mahasiswa dalam mengembangkan diri dalam bidang sosial keagamaan bagi mahasiswa yang beragama Islam. Bentuk kegiatan dari UKM ini adalah mengajakan pelatihan, workshop, bedah buku, atau kajian rutin dalam bidang keagaamaan.
  5. UKM Kelompok Studi Ekonomi Islam. UKM ini merupakan UKM yang memberikan wadah bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk melakukan pengkajian atau pengayaan ekonomi syariah. Bentuk kegiatan dari UKM ini adalah mengajakan pelatihan, workshop, bedah buku, atau kajian dalam bidang ekonomi syariah.
  6. UKM Pramuka
  7. UKM Paduan Suara, UKM ini menjadi wadah mahasiswa dalam mengembangkan bakatnya dalam paduan suara.
  8. UKM Kewirausahaan, UKM ini menjadi wadah mahasiswa yang gemar berwirausaha.
  9. UKM Putra-Putri Kampus (Papika). UKM ini sebagai wadah bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan diri dalam bidang modelling. Dari UKM ini tercatat atas nama Yeni Amalia dari Jurusan Akuntansi berhasil sebagai Duta Wisata Jawa Tengah.

10.  UKM Beasiswa. UKM ini dibentuk untuk memberikan wadah bagi penerima beasiswa dalam skim apapun.

Untuk mendukung pelaksanaan UKM ini agar memiliki peran yang efektif dalam memberikan pendidikan keoragnisasian, keilmuan atau soft skill lain, Fakultas Ekonomi memberikan penugasan kepada beberapa dosen untuk menjadi dosen pendamping UKM.

Selain sepuluh UKM di atas, mahasiswa Prodi Akuntansi juga dapat berperan serta dalam berbagai UKM yang disediakan oleh universitas. Sampai tahun 2013, Universitas Negeri Semarang memiliki 54 UKM yang diklasifikasikan ke dalam 4 bidang yaitu:

  1. UKM bidang penalaran dan keilmuan;
  2. UKM bidang minat, bakat, dan kemampuan;
  3. UKM bidang kesejahteraan, dan
  4. UKM bidang kepedulian sosial.

Pembinaan soft skills

Program Studi Akuntansi disamping melakukan pembinaan dalam hal hard skill, juga melakukan pembinaan soft skills dilakukan untuk membentuk lulusan yang akan bisa bersaing di dunia kerja. Pembinaan soft skills dilakukan selaras dengan kegiatan hard skills yakni bersamaan dengan proses belajar mengajar/perkulihan. Untuk mendukung pembinaan soft skills maka program studi melalui Fakultas Ekonomi menyediaan sarana perkuliahan yang lengkap, laboratorium, penyediaan dan pendampingan pelatihan seperti pelatihan penulisan ilmiah, melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, memberikan dorongan mahasiswa untuk mengikuti berbagai perlombaan sesuai dengan bakat dan minatnya.

Pembinaan soft skills juga dilakukan dalam berbagai kegiatan mahasiswa seperti di Badan Eksekutif Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan sebagainya. Melalui lembaga kemahasiswaan tersebut mereka bisa belajar tentang kepemimpinan, tanggung jawab, integritas, dan loyalitas.

Fasilitas Beasiswa

Beasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang ada yang bersumber dari dana pemerintah, ada yang dari CSR pihak swasta, dan masyarakat yaitu:

  1. PPA
  2. BBM
  3. Bidik Misi
  4. Djarum Foundation
  5. Bank Indonesia
  6. Supersemar
  7. Pertamina

Kesehatan

Pelayanan Kesehatan diselenggarakn secara terpadu melalui Pusat Layanan Kesehatan (Puslakkes) dengan fasilitas lengkap. Pusat kesehatan ini memberikan layanan kesehatan kepada civitas akademika universitas negeri semarang. Pusat ini letaknya di tengah-tengah kampus sehingga mudah terjangkau. Pelayanan klinik dimulai dari jam 07.30 sampai pukul 14.30. Semua civitas akademika bisa mengakses secara gratis dengan menunjukkan identitas Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) serta kartu pegawai Unnes. Selain itu, Puslakes juga memberikan fasilitas bagi pasien pemegang kartu BPJS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.