Ujian Nasional Bertahap "Mendiknas"

JAKARTA–Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh, mengatakan, kemungkinan Ujian Nasional (UN) dilakukan secara online dengan memanfaatkan jaringan internet. Namun demikian, pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap.

Menurut Mantan Rektor Institut Teknologi (ITS) Surabaya itu, yang sulit dalam mempersiapkan UN adalah membangun lingkungan dan situasi agar pelajar siap dan tidak gugup menghadapi UN.

Ketika disinggung rencanya pelaksaan UN secara online, M Nuh belum sepenuhnya memastikan hal tersebut. Namun demikian, pelaksanaan UN dengan cara online akan dilakukan secara bertahap sembari mempersiapkan sistem dan infrastrukturnya.

“Tentu suatu saat kalau memungkinkan, infrastruktur sudah terbangun, ujian akan berbasis pada elektronik, saya belum bisa memastikan tapi tentu akan bertahap, misalnya mulai ujian di kota besar tertentu. Mungkin sudah bisa dilaksanakan secara online sekaligus dengan memantapkan sistem yang dibangun. Maka nanti dengan bertahap pula Insya Allah sudah tertampung dengan jaringan internet untuk siswa SMA, SMA, MA,” ujar M Nuh usai acara Peresmian Try Out Online di Graha APK Telkom, akhir pekan lalu.

Saat meresmikan Try Out Online yang diselenggarakan PT Telkom dan Harian Umum Republika, M Nuh merespon positif terhadap pelaksanaan try out online pertama ini. “Try out ini memanfaatkan teknologi untuk beri kesempatan anak-anak untuk berlatih sehingga tidak harus datang ke tempat try out. Jadi tinggal meng-upload, dan nilai atau hasilnya bisa langsung didapatkan,” jelasnya.

Comments are closed