“It’s time to start living the life you’ve imagined.”

Beberapa syarat pernyataan Tujuan Hidup (Ikigai)

Agar efektif menjadi motivator internal kehidupan Anda atau daya dorong dari dalam diri agar Anda terus maju, Ikigai harus memenuhi beberapa syarat berikut:

  • Ikigai atau tujuan hidup Anda ini harus cukup besar sehingga kemungkinan terselesaikannya dengan tuntas dalam masa hidup Anda ini kecil.Dan karena tidak juga terselesaikan, Ikigai tersebut akan terus mendorong Anda untuk bangun di pagi hari agar bisa meneruskannya meski Anda sudah berusia 111 tahun, karena Anda tahu tugas Anda dalam kehidupan ini belum selesai.
  • Ikigai harus sesuai dengan minat dan bakat Anda, sebagaimana telah dibekalkan oleh Yang Maha Kuasa, karena Ikigai harus memiliki unsur menyenangkan yang akan terus menyemangati Anda untuk bertahan.Bila Ikigai Anda hanya sekedar ikut-ikutan orang lain atau bahkan melakukan apa yang disuruhkan orang lain meski Anda sendiri tidak menyukainya, maka Ikigai ini tidak akan berhasil. Anda tidak akan menemukan sukses yang Anda cari dengan cara ini.
  • Ikigai yang besar juga memungkinkan Anda melakukan banyak hal beragam untuk memenuhinya. Ini membuat Anda terhindar dari kebosanan dan Ikigai tersebut, sekali lagi, jadi memiliki unsur menyenangkan yang membuat Anda menikmanti setiap detiknya.

Comments are closed